Wednesday, February 6, 2013

Twitter Marketing...*tulisan Ngalor Ngidul*


Twitter...sebuah social media yg berbentuk microblogging, atau blog tapi versi 140 karakter. Terbentuk pada tahun...yg hingga kini tercatat telah mencapai...pengguna.

Sebuah pencapaian yg luar biasa bagi sebuah situs social media yg sederhana, yg bahkan kita dibatasi 140 karakter untuk menulis. Sederhana.

Twitter juga menjadi salah satu faktor yg menggerakan trend marketing yg baru...gw ralat sedikit..."tidak benar benar baru". Kenapa gw bilang "trend marketing baru, tapi tidak benar benar baru"?...


Ok sebelum gw jelaskan lebih lanjut, gw akan membahas tentang marketing apa yg terjadi di dalam situs twitter. Dalam Twitter kita bisa berpromosi/iklan/menawarkan suatu produk..produk apapun. Yup...social media untuk berpromosi...

Tapi tentunya tidak semudah itu, tidak hanya sekedar mengetik promosi dalam 140 karakter...tapi juga memperhitungkan jumlah follower

Kok follower? Apa Hubungannya sama promosi?

Follower tentu saja berkaitan erat dengan promosi...jika kita berpromosi, seunik apapun, sebagus apapun...klo gak ada followersnya yg melihat promosi kita...yah hasilnya nol.


How to get Followers...
Bisa dengan membuat tweet2 yg menarik...bisa tentang sosial, politik, berita, komunitas, komedi, horror. Twit yg menarik biasanya adalah yg bukan mengenai "lg makan nih" "mau mandi terus kekampus" or something like that...pengecualian klo kalian adalah seorang seleb, atau entertain...yg mana satu kalimat kayak yg diatas tadi bisa di ReTweet puluhan bahkan ratusan followers...

If you are not Famous Person...senjata utama adalah kata2...hindari kata2 seperti yg gw contohin diatas. Buatlah Tweet bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga orang lain. Ini hanya teori...kadang sesuatu yg berlawanan dengan teori bisa menjadikan hal unik, *nanti gw contohkan salah satunya...*

Jika sudah seperti itu, followers bisa datang dengan sendirinya.

Dan jika beruntung, apabila twit kalian di ReTweet oleh para selebtwit, dan difollback...kalian juga bisa ikut2 terkenal...

Tadi diatas sudah gw singgung mengenai hal yg berlawanan dengan teori diatas...
ini adalah contohnya...mungkin klo kalian masih ingat tahun lalu, kita pernah bertemu dengan satu akun yg terkenal gara gara hashtag #terJajang... *klo tidak salah akunnya sudah tidak ada lagi* isi tweetnya yg "alay" justru menjadikannya menarik...isi twitnya justru mementahkan semua teori yg gw tulis diatas, tapi pada akhirnya...semua jadi trend sesaat...alias hanya lucu diawal...diakhir hambar

.....*kayaknya cuma intermezzo doank contoh diatas*.... *break* *lagi mikir*...*tulisannya melantur kemana* *sedang bingung* *mencari cara agar tulisan ini kembali ke jalur yg seharusnya*....

.........................*belokkan secara paksa*............................

"trend marketing baru, tapi tidak benar benar baru"


marketing dengan menggunakan akun2 selebtwit yg memiliki jumlah followers yg banyak, hal ini bisa menjadi efek berantai...artinya ketika seorang selebtwit men-twit-kan sebuah produk...setidaknya pasti ada beberapa dari followersnya yg me Retweet...yg kemudian retweetan tersebut dilihat oleh follower lain...begitu seterusnya...marketing ini bukanlah hal baru...hanya saja marketing ini menggunakan media baru...itu saja :D

Efektif?
Belum diketahui...Apakah produk yg "beredar" di twitter serta merta menaikan omset penjualan? jika dilihat dari antusiasme yg terjadi di Twitworld terlihat sangat tinggi...apakah berbanding lurus dengan peningkatan penjualan?


*yak tulisan ini memang sudah mulai melantur kemana2...* *lebih baik berhenti saja*

0 comments:

Post a Comment