Friday, April 29, 2011

2 Hal Yang Lagi Booming...(Fixie Bike)

Banyak hal yg lagi booming di negeri ini...bukan, bukan ini bukan tentang gw yg mendadak jadi terkenal gara2 lagu india...lagian bukan gw yg terkenal gara2 lagu india...:hammer:

2 thing is...Fixie bike and K-Pop...yup, 2 hal ini gw sadari perlahan tapi pasti mulai banyak mempengaruhi style anak muda di indonesia *anjirrrr bahasa gw...*

Pertama gw mau bahas Fixie Bike/Fixed Gear...atau Sepeda Fixie..."apaan sih ini?"...gw juga waktu pertama denger hal ini bingung...tau tau aja, banyak berseliweran dijalanan, dikampus, dikost, dikomplek perumahan... Fixie Bike adalah Sepeda yg dimana gearnya itu hanya ada satu dannnnn pedalnya selalu bergerak..."????" bingung? Gw juga bingung harus ngejelasin kayak apa.....


Ok ok, gw coba jelassin lagi, lo udah pernah naik sepeda kan?...klo belum, lupakan penjelasan ini...karena lo gak bakalan pernah ngerti huahahahahah. Jadiiii...sepeda normalnya klo kalian sedang meluncur dengan sepeda, pedalnya bakalan diam dan gak ikut muter....Nahhhhh klo fixie bike tuh, misalkan kalian ngeluncur...pedalnya bakalan ikut muterrrr dan klo pedalnya kalian puter kearah sebaliknya tuh sepeda bakalan jalan mundur....

fiuhhh....

...apa?....masih bingung juga????....

sorry...gw gak bisa ngejelasin lagi....heheheh

"kok lo bisa tau itu sepeda yg banyak berkeliaran itu fixie bike?"...well fixie bike gampang dikenali, pertama dari warnanya yg ngejrengggg....mencolok mata dahhhhh, pokoknya klo lo ngeliat ada sepeda warnanya mencolok gila2an...segera periksakan mata ke toko bangunan terdekat...


"wahhhh ga bener nihhhh, massak yg warnanya mencolok bisa jadi Fixie Bike???"

"Sepeda gw warnanya nyolok tapi bukan Fixed Gear tuh?"

"Ho-oh gw juga tuh...warnanya nyolok mata, tapi bukan sepeda fixed gear, bentuknya baju kaos ma celana dalem..." *sodara2 sebangsa dan setanah air, mari kita gorok orang ini*

Emang bener sih gak semua sepeda yg warnanya mencolok itu Fixed Gear...ini cuma rata2 dan kebenyakan... Sebenernya ada lagi hal yg mempermudah kita untuk membedakan sepeda fixed gedengan sekali melihat bagian stangnya...ada handle yg buat ngerem atau nggak?...klo gak ada berarti 98% itu adalah fixed gear...jadi komposisinya adalah Sepeda Frame Sepeda balap, warna ngejrengggg, ban tipis, gak ada rem = 98% Fixed Gear/Fixie Bike...

"kok cuma 98%???"

Perlu diketahui, selain Fixie Bike ada sepeda lain yg juga tak menggunakan handle rem...yaitu Torpedo Bike...yg ngetrend di tahun 80-90an... Bedanya Torpedo dan Fixie adalah...Torpedo walaupun gak ada handle rem, mereka masih ada kampas rem belakang, cara mengoperasikannya...pedal dikayuh belakang...ntar bagian kampasnya bakalan ngembang terus menahan laju sepeda, dan juga...pedalnya gak ngikut muter, serta gak bisa jalan mundur kalo pedalnya di kayuh kebelakang. Fixie cara ngeremnya...yah tinggal nahan puteran pedalnya...tapi bisa juga nambahin rem dibagian depan.

Dannnn Fixed Bike gak selalu pake frame sepeda balap, dan ban tipis...pake frame sepeda biasa juga bisa...

"lah fixie bahaya donk klo gak ada remnya???'

yah emang begitu...liat aja cara ngeremnya...nahan pedal...bahaya abissss mennn...yah ada tapinya...ntuh sepeda masih bisa ditambahain rem depan...sayangnya banyak yg gak mau pasang nih rem...FYI, Fixed Gear merupakan sistem sepeda dengan rantai yg paling primitif...

Fenomena ini cukup aneh buat gw...harga fixie bike tuh cukup mahal, untuk sebuah sepeda yg gak punya sisi keamanan...buat gw mendingan MTB, BMX, atau sepeda Onthel deh...

"ah kata siapa Fixie Bike mahal???"

emang sih biaya pembuatan Fixie Bike bisa jadi murah...seperti yg gw bilang...frame nya ga mesti sepeda balap, pake sepeda biasa trus lo pretelin semua gearnya trus ganti pake Fixed Gear juga bisa...murah kan...

Tapi...kebanyakan malah beli frame sepeda balap dengan dicat warna warni, bla bla bla yg akhirnya jatuhnya jadi mahal...

Gw curiga klo fenomena Fixie Bike nih cuma buat gaya2-an daripada olahraga, nyatanya gw jarang ngeliat orang pake sepeda biasa trus pake fixed gear yg murah.

Yah Fixed Gear emang fenomena dikehidupan kita sekarang...terlepas dari kekurangamanan-nya, kemahalannya, gaya2an-nya...ada sisi positifnya...yaitu, makin banyak orang yg make sepedahhhhhhh!!!!! makin berkurang polusiiiii!!!!!

0 comments:

Post a Comment