Tuesday, March 20, 2012

PB...bikin anak jadi ga sopan!

Tulisan ini terinspirasi gara2 berita sore kemaren.

Game Online merupakan suatu game yg dimainkan didunia maya melalui internet, berkembang di Indonesia pada sekitar tahun 2000an...dipelopori oleh Nexia, Ragnarok...

Pada awalnya genre game online terpusat pada RPG/MMORPG...namun seiring berkembangnya waktu genre game online makin banyak, tidak hanya sekedar petualangan biasa, ada yg menggunakan basis dagang seperti XIAN, atau genre shooting..Gunbound *gw kurang tahu pasti nama genre ini*, Fighting...Getamped, dan Music/ Dance...O2Jam dan Audition. FPS...Point Blank, CrossFire dll

Saat ini genre yg populer adalah FPS atau First Person Shooting, dari berbagai judul game FPS, yg paling banyak dimainkan adalah Point Blank. Genre FPS yg bisa dimainkan secara multiplayer sendiri sudah dikenal di Indonesia sejak masuknya game Counter Strike.

Okeh...lanjut, gw dulunya merupakan gamer online juga fokus pada game Ragnarok, Gunbound, sama Tantra. Sekarang ini gw sudah tidak terlalu rajin main game online...meskipun begitu gw termasuk yg rajin mengamati game center yg menjamur saat ini...biasanya game center sekarang jadi satu dengan warnet, gw yg kadang masih suka ke warnet ini jadi punya kesempatan untuk mengamati perilaku anak2 yg main game online disini.

DiKlaten ada 3 tempat yg gw kunjungi...gw kesana pada saat jam pulang sekolah, sengaja...karena biasa jam2 segitu game center lagi rame2nya...rata2 gw lihat disini yg main masih pada seragam SD...dan hanya sedikit orang dewasa...gw perhatikan game yg dimainkan semuanya adalah FPS Point Blank. di 3 tempat yg berbeda semua2 nya memainkan Point Blank... Ada hal yg membuat gw risi disini...anak kecil mulutnya uda ga dijaga, teriak2 dengan bahasa yg kasar banget...gw yg ngedengernya risi luar biasa!, pengen deh gw tabok!

Tapi suasana yg berbeda terjadi ketika gw mengunjungi 3 tempat ini pada tengah malam, yg main rata2 orang dewasa, dan tidak semuanya memainkan game PB, dan rata2 mereka main dengan asikk banget...ngomongan kasar? ga ada tuh

Gw gak tahu apa yg terjadi sebenarnya...tapi yg bisa gw simpulkan disini adalah, game FPS PB gak baik untuk anak2...banyak kekerasan...dan meningkatkan emosi anak2 hingga memicu keburukan etika dan tata krama kesopanan.

0 comments:

Post a Comment