Wednesday, April 18, 2012

Bongkar Laptop...

Laptop gw udah beberapa bulan ini mengalami yang namanya overheat, dan makin hari makin parah...panasnya gak tanggung2 dah. Gw pun akhirnya googling untuk mencari apa penyebabnya, dan akhirnya gw tau...ternyata kebanyakan terjadi overheat di laptop Satellite L305D disebabkan oleh heatsink dan fan yg kotor.

Setelah tahu permasalahannya apa, gw pun berencana menyisihkan waktu gw yg padat *preketekk* untuk pergi ke tempat service laptop. Tapi setelah berhari2 gw gagal ke tempat service...setelah tiada semangat untuk pergi ke tempat service...gw pun berinisiatif untuk bongkar sendiri, dengan modal obeng yg "kepalanya" ada banyak gw pun bongkar laptop dengan bahagia.

Kirain habis nyopotin semua mur dibawah body laptop, tinggal buka gitu aja...ternyata harus bongkar keyboard juga, dengan kemampuan penasaran kucing, gw pun utik2...dan gak nyampe waktu lama gw pun uda tahu gimana sistem kerja bongkar si keyboard ini...dan disaat ini gw bersyukur banget dulu doyan elektronik, komputer, dan bongkar2...

Akhirnya keyboard beres, dan akhirnya body bisa dibuka dan terlihat sudah motherboard laptop yg selama ini belum pernah gw lihat *ini baru pertama kalinya gw bongkar total laptop*...dan sampe disini gw berhenti dulu...karena gw cukup bingung bagaimana nyopot heatsink sama fan nya... Akhirnya gw memutuskan mencari video tutorial di Youtube, hasilnya...gak ada yg guna -.-. Baiklah, sampai disini gw agak nyerah...dan akhirnya tuh laptop gw biarin aja sampai pagi dan gw tidur. Pas bangun dengan pikiran yg fresh, gw pun akhirnya nekat melanjutkan bongkar lagi tu laptop...karena gw pikir tanggung uda nyampe sini.

Pelan2 gw cabut semua kabel, dan gw buka semua baut...dan voilla, gw berhasil nyopot tuh motherboard, dan heatsink serta fannya ada dibagian belakang motherboard...dan gw bongkar dengan bahagia. Setlah beberapa saat...gw mendapati hal yg mengejutkan.



Seperti yg kalian lihat, itu adalah debu yg numpuk didalam fannya selama 4 tahun -.-, kaget?...tunggu sampai kalian lihat yg satu ini.


Yak itulah debu yg nemplok dibagian heatsink, dan debu yg berhasil gw kumpulkan dari 2 benda itu...jadi ini lah menyebabkan overheat yg gak kira2 itu, akhirnya gw bersihin, sikat, dan lap pake alkohol, dan gw tambahin thermal paste baru, dan gw pasang lagi semua komponennya terus gw coba hidupin dannnnn NYALA...*jingkrak jingkrak*, tapi pas gw mau ngecharge...kok gak mau konek ya...curiga adaptor gw yg rusak, akhirnya gw coba ke laptop mbak dewi, ternyata gak rusak tuh...akhirnya gw bongkar lagi tuh laptop dan gw menemukan bahwa kabel bagian dalam ada yg belum dipasang hahaha...akhirnya setelah dipasang lagi, laptop berfungsi dengan baik *horeeeee*...tapi!...kenapa usb kanan gak hidup...akhirnya gw bongkar lagi ToT...dan gw lihat kabelnya usb yg bagian dalem belum dipasang *nangis guling guling*. Setelah tragedi itu gw cek semuanya, setelah yakin bahwa semua sudah terpasang, gw pun pasang lagi semuanya, dan akhirnya semua bekerja dengan baik...beneran baik sekarang haha. dan laptop gw pun sekarang udah gak ada suara fan yg overload, dan gak ada lagi overheat :D.

0 comments:

Post a Comment