Tuesday, April 10, 2012

Metal Masa Kini?

Ini kira2 terjadi di pertengahan tahun 2011, ketika temen gw menyinggung soal band "metal masa kini"...gw tau maksudnya tapi gw sendiri kurang paham ada apa dengan "band metal masa kini" sampe2 temen gw ngasih label "metal masa kini".

Setelah ngobrol ngalor ngidul, akhirnya gw cukup mengerti dan maklum...kenapa temen gw ini sampe memberi label tersebut. 


Tentunya kalian udah gak asing dengan yg namanya Killing Me Inside...nah band yg terkenal ini merupakan salah satu yg dilabeli band "metal masa kini" sama temen gw. Kenapa? Menurutnya...metal bukan hanya soal scream dan double pedal, tapi juga harmoni...hal inilah yg menurutnya tidak ada di band "metal masa kini"...Scream, Growling, High Pitch Scream dll entah kenapa jadi murahan, semua anak muda berlomba2 untuk menjadi yg paling keren dengan berteriak2, menggaungkan sakit hati karena cinta dengan cara yg metal...menjadikan lirik yg tidak kuat, pake double pedal tapi tempo masih lari kemana mana, yg lebih bikin sakit hati adalah...ketika disuruh nyanyi tanpa scream, suara fals...sama sekali tidak harmoni, hal ini jadi menyebabkan musik metal makin dicap hanya bisa teriak, tapi tak bisa "bernyanyi".

Jika dibandingkan dengan metal jadul, menurutnya sangat berbeda, vokal mereka gak bisa disamakan dengan band "metal masa kini"...

FYI, temen gw ini anak lama...alias lahir diera awal 80-an...gw sih wajar saja dia ngomong kayak gitu, masa lalu adalah romansa... :), tapi gw cukup setuju dengan penilaian temen gw ini, musik metal sekarang lebih cheesy...gw kenal band sejenis killing me inside aja gara2 temen gw nyodorin ini musik, karena dia baru tahu gw juga suka dengerin metal... Gw pertama denger shock juga, "metal apaan nih?"...gw malah cenderung bilang ini aliran modern rock :p...ternyata aliran begini yg digandrungi anak sma sekarang -.-, gw kasih dragonforce, kamelot, nightwish, killharmonic, anthrax...yg "beneran metal" malah gak doyan -.-.

Haahhhh...perkembangan musik gak bisa diduga...gw malah takut membayangkan klo terjadi yg namanya pergeseran genre musik...nanti dngerin Sm*sh dibilang metal ^^v.

Gw sendiri sekarang udah jarang dengerin musik "keras" gitu...metal pun gw milih genre power metal untuk didengarkan, tapi yg jelas aliran apapun masih gw dengarkan...ini untuk menambah "kapasitas" telinga dan musikopedia, jadi gw bisa menilai musik dengan lebih objektif

0 comments:

Post a Comment