Friday, April 29, 2011

Taiwan (mandarin), Korea...Japan????...culture attack

Culture Attack...
Indonesia pernah mengalami culture attack oleh mandarin...ingat waktu F4,  Meteor Garden booming??? yah itulah awal culture attack mandarin di indo...serba taiwanlah di tipi kita...nge-hype bangetttt nget ngettt...

Korean Attack...sempet berbarengan dengan Mandarin...ingat drama Endless Love??? yup itulah awalnya...sayangnya kalah tenar dengan meteor garden waktu itu...dan musicnya juga gak setenar sekarang..., Tapi sekarang baru bisa dibilang Korean Attack yg sebenarnya...hahahah

Japanese Culture Attack...??? ntah kenapa gw merasakan bahwa di Indo belum pernah ada booming japan culture...*terlepas kita pernah dijajah jepang*...

Coba gw tarik ke jaman TVRI tenar...ingat ada drama Oshin????? nah itu drama terkenal di Indo waktu itu...tapi tetep gak ada culture attack...terus kita majuuuuuu...ingat ada drama Tokyo Love Story??? itu juga drama terkenal waktu itu *gw lupa tahun berapa* tetep gak ada culture attack...terus majuuuu lagi di tahun 2000an... ingat ada drama Friend? kolaborasi korea jepang... tetep gak ada culture attack... walaupun mulai menjamur drama2 jepang...tetep kalah pamor dengan drama taiwan dan korea sampai sekarang...apa karena drama jepang yg cenderung pendek dan minim kisah cinta????

soal Fashion Jepang...bahkan designer baju France aja kagum dan terinspirasi dengan fashion jepang yg berani...Lady Gaga, Gwen Stefany...yg penyanyi terkenal aja pakai aliran harajuku..., tapi kenapa fashionnya kalah tenar dibandingkan korea *di Indo*...well untuk yg ini gw bisa jawab, karena gak bisa dipakai di kehideupan sehari2...dan tentunya pandangan aneh orang2...gw pernah mengalami hal itu...

Gw tahun 2001 mulai yg namanya memperkenalkan japanese culture...sendirian awalnya...dan sedikit demi sedikit army gw bertambah...gak banyak emang...sulit sekali....

Sekarang mungkin sudah mendingan...di tiap kota paling gak ada komunitasnya sendiri...

...tapi tetap...gak ada booming japanese culture...

Gw rasa...di Indonesia gak akan ada yg namanya Japan Culture Attack...

0 comments:

Post a Comment